MENGAPA SUPERVISI PENDIDIKAN ITU PERLU?
Pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancangkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah melalui proses pembelajaran di sekolah. Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan terus-menerus.
Pembentukan profesi guru dilaksanakan melalui pogram pendidikan pra-jabatan (pre service education) maupun program dalam jabatan (inservice education). Tidak semua guru yang dididk di lembaga pendidikan terlatih dengan baik dan kualified well training dan well qualified (Jacobson 1954).
Potensi sumber daya guru itu perlu terus-menerus bertumbuh dan berkembang agar dapat melakukan fungsinya secara profesional.
Selain itu, pengaruh perubahan yang serba cepat mendorong guru-guru untuk terus menerus belajar menyesuaikan diri dengan perkembangan imu pengetahuan dan teknologi serta mobilitas masyarakat Itulah sebabnya ulasan mengenai perlunya supervisi pendidikan itu bertolak dari keyakinan dasar bahwa guru adalah suatu profesi. Suatu profesi selalu bertumbuh dan berkembang. Perkembungan profesi itu ditentukan oleh faktor internal maupun faktor eksternal.
Uraian berikut ini untuk menjawab pertanyaan, mengapa guru-guru memerlukan pelayanan supervisi pendidikan. Pertanyaan pokok itu meliputi:
1. Pentingnya pengembangan sumber daya manusia
2. Perlunya supervisi pengembangan pendidikan
3. Apa yang harus ditingkatkan dan dikembangkan
Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah melalui proses pembelajaran di sekolah. Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan terus-menerus.
Pembentukan profesi guru dilaksanakan melalui pogram pendidikan pra-jabatan (pre service education) maupun program dalam jabatan (inservice education). Tidak semua guru yang dididk di lembaga pendidikan terlatih dengan baik dan kualified well training dan well qualified (Jacobson 1954).
Potensi sumber daya guru itu perlu terus-menerus bertumbuh dan berkembang agar dapat melakukan fungsinya secara profesional.
Selain itu, pengaruh perubahan yang serba cepat mendorong guru-guru untuk terus menerus belajar menyesuaikan diri dengan perkembangan imu pengetahuan dan teknologi serta mobilitas masyarakat Itulah sebabnya ulasan mengenai perlunya supervisi pendidikan itu bertolak dari keyakinan dasar bahwa guru adalah suatu profesi. Suatu profesi selalu bertumbuh dan berkembang. Perkembungan profesi itu ditentukan oleh faktor internal maupun faktor eksternal.
Uraian berikut ini untuk menjawab pertanyaan, mengapa guru-guru memerlukan pelayanan supervisi pendidikan. Pertanyaan pokok itu meliputi:
1. Pentingnya pengembangan sumber daya manusia
2. Perlunya supervisi pengembangan pendidikan
3. Apa yang harus ditingkatkan dan dikembangkan
DAFTAR BACAAN :
Prof. Drs. Piet A. Sahertian. 2008. KONSEP DASAR & TEKNIK SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. (Jakarta : Rineka Cipta)
Prof. Drs. Piet A. Sahertian. 2008. KONSEP DASAR & TEKNIK SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. (Jakarta : Rineka Cipta)

Komentar
Posting Komentar