FUNGSI SUPERVISI PENDIDIKAN MENURUT Swearingen
Swearingen dalam bukunya Super vision of Instruction Foundation and Dimension (1961) mengemukakan 8 fungsi supervisi pendidikan, yaitu :
(1) Mengkoordinasi semua usaha sekolah.
(2) Memperlengkapi kepemimpinan sekolah.
(3) Memperluas pengalaman guru-guru
(4) Menstimulasi usaha-usaha yang kreatif
(5) Memberi fasilitas dan penilaian yang terus-menerus
(6) Menganalisis situasi belajar-mengajar
(7) Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada setiap anggota staf
(8) Memberi wawasan yang lebih luas dan terintegrasi dalam merumuskan tujuan-tujuan pendidikan dan meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru.
DAFTAR BACAAN :
Prof. Drs. Piet A. Sahertian. 2008. KONSEP DASAR & TEKNIK SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. (Jakarta : Rineka Cipta). Hal : 21
(1) Mengkoordinasi semua usaha sekolah.
(2) Memperlengkapi kepemimpinan sekolah.
(3) Memperluas pengalaman guru-guru
(4) Menstimulasi usaha-usaha yang kreatif
(5) Memberi fasilitas dan penilaian yang terus-menerus
(6) Menganalisis situasi belajar-mengajar
(7) Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada setiap anggota staf
(8) Memberi wawasan yang lebih luas dan terintegrasi dalam merumuskan tujuan-tujuan pendidikan dan meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru.
DAFTAR BACAAN :
Prof. Drs. Piet A. Sahertian. 2008. KONSEP DASAR & TEKNIK SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. (Jakarta : Rineka Cipta). Hal : 21
Komentar
Posting Komentar